} h3.post-title { text-align: center; } .post-title {text-align:center;} -->

Hukum Berjihad dan Bekerjasama dengan Hizbiyun Memerangi Penjajah Kafir dari Wilayah Islam

ما حكم الجهاد مع الحزب يعني لا يقوم على الكتاب والسنّة عقيدة ومنهجا؟ الشيخ محمد ناصر الدين الألباني

Bagaimana hukum jihad bersama hizbi yakni kelompok yang tidak berdasarkan Kitab dan Sunnah secara aqidah dan manhaj?

Dijawab oleh:
Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah


Penanya: 

Bagaimana hukum berjihad dengan hizbi yang tidak berdasarkan Kitab dan Sunnah, baik secara aqidah maupun manhaj, ya Syaikh?

Syaikh Menjawab: 

Wahai saudaraku, pertanyaan ini dapat dijawab dengan prinsip fikih, yaitu: "Jika seorang muslim berada di antara dua bencana, maka ia harus memilih yang lebih ringan di antaranya." 
 
Jika jihad yang Anda tanyakan adalah untuk menyebarkan dakwah Islam, maka tidak seharusnya berjihad (bersama hizbi). Namun, jika jihad tersebut bertujuan untuk mengusir penjajah kafir dari wilayah Muslim, maka masalahnya berbeda. Kita harus bekerjasama dengan mereka untuk mengusir penjajah kafir dari wilayah Islam, dan kemudian (setelah penjajah kafir terusir) para mujahid memisahkan diri dalam dakwah mereka yang berdasarkan Al-Quran dan Sunnah dari kelompok yang tidak mendukung dakwah tersebut. 

Jadi ada dua jenis jihad: jihad fardhu 'ain untuk mengusir musuh dari wilayah Islam, dan jihad fardhu kifayah untuk menyebarkan dakwah.

Saat ini, kita tidak perlu memperdebatkan apakah harus berperang di bawah bendera jihad yang sesuai dengan apa yang telah disebutkan. Sekarang, yang harus dilakukan adalah menjalankan jihad karena fardhu 'ain untuk mengusir penjajah kafir

Setelah itu, rencana kedua adalah jihad dalam rangka menyebarkan dakwah yang benar ke negara-negara yang pernah dijajah, misalnya oleh Rusia pada masa lalu. Ini adalah langkah penting yang harus dipersiapkan dengan baik untuk menyampaikan dakwah yang benar ke negara-negara tersebut.

Oleh karena itu, tidak boleh mengatakan bahwa berperang dengan mereka untuk mengusir penjajah kafir tidak diperbolehkan. Ini adalah fardhu 'ain saat ini dan harus diwujudkan, insya Allah.
 

https://youtu.be/omiLDAS6i4k

سلسلة فوائد جدة - الشريط الثامن والعشرون 
المقطع (14) 

السائل :
بالنسبة يا شيخ للأحزاب الموجودة هناك يعني ما حكم الجهاد مع الحزب يعني لا يقوم على الكتاب والسنّة عقيدة ومنهجا؟

الشيخ :
يا اخي القضية تُحَل بقاعدة فقهية وهو" إذا وقع المسلم بين مصيبتين اختار أيسرهما "لو كان الجهاد الذي تسأل عنه هو في سبيل نقل الدعوة فلا يُجاهد لكن هذا الجهاد في سبيل إخراج المستعمر الكافر من بلاد المسلمين فيختلف الأمر، لا بد من التعاون معهم لإخراج الكافر من بلاد الإسلام ثم ينفصل المجاهد في دعوته إلى الكتاب والسنّة عن الجماعة التي لا تؤيّد الدعوة إلى الكتاب والسنّة، فالجهاد جهادان فرض عين لطرد العدو من بلاد الإسلام وفرض كفاية لنقل الدعوة والأن ليس البحث في نقل الدعوة حتى يُقال أيُقاتل تحت جهاد فيه ما فيه مما ذكرت أو لا؟ الأن لا بد من الجهاد لأنه فرض عين لإخراج الكافر المستعمر، بعد ذلك يأتي الموضوع الجهاد في سبيل نقل الدعوة إلى بلاد مستعمرة مثلا من روسيا قديما، فهذه خطة ثانية لا بد من تدبير الأمر والاستعداد الكامل لنقل الدعوة الصحيحة إلى تلك البلاد، ولا يجوز أن يُقال لا يجوز المقاتلة معهم في سبيل إخراج الكافر، هذا فرض عين الأن ولا بد من تحقيقه إن شاء الله.

Faedah terkait:

Hukum berjihad dengan hizbiyun untuk memerangi penjajah kafir di sini https://khazanahfiqh.blogspot.com/2023/10/fatwa-kontroversi-syaikh-albani-tentang-palestin.html


  رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَـٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌۭ رَّحِيمٌ

Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.

TRENDING