} h3.post-title { text-align: center; } .post-title {text-align:center;} -->

MANHAJIYAH DALAM USHUL FIQH

Penulis:
Asy-Syaikh Prof. Dr. Muhammad bin Husain Al-Jizani
Universitas Islam Madinah, KSA

منهجيات أصولية

الحمد لله الذي لا يؤدى شكر نعمة من نعمه إلا بنعمة منه. أحمده حمدا كما ينبغي لكرم وجهه وعز جلاله. وأستعينه استعانة من لا حول له ولا قوة إلا به. وأشهد ألا إله إلا الله، وحده لا شريك له، وأن محمدا عبده ورسوله.

Segala puji bagi Allah, yang tidak akan terbalas dengan syukur atas segala nikmat-Nya, kecuali dengan nikmat-Nya yang lain. Aku memuji-Nya dengan pujian yang sepantasnya bagi kemurahan wajah-Nya dan keagungan-Nya. Aku memohon pertolongan kepada-Nya, pertolongan dari-Nya yang tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, yang tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

أما بعد فهذه جملة قضايا تتعلق بعلم أصول الفقه. تتضمن: إشارات جامعة في مبادئ هذا العلم ونشأته وتاريخه، وتقييدات وتنبيهات حول بعض مسائله وقواعده، ونظرات استشرافية لحاضره ومستقبله.

Setelah itu, ini adalah serangkaian masalah yang terkait dengan ilmu ushul fiqh. Hal ini mencakup: petunjuk umum dalam prinsip ilmu ini dan asal-usulnya, sejarahnya, pembatasan-pembatasan dan peringatan-peringatan tentang beberapa masalah dan prinsip-prinsipnya, serta pandangan progresif terhadap masa kini dan masa depannya.

ويجمع هذه القضايا بأسرها أمران: الأول: كونها معالم منهجية، وليست مسائل جزئية؛ إذ المنهج هو الطريق الواضح. وهذه القضايا ترسم خطوطا عريضة في الفكر الأصولي. والثاني: كونها ملحة؛ إذ هي قضايا تتوارد عليها إشكالات الدارسين والمتعلمين وسؤالاتهم، وتتجاذبها أشجان الأساتذة والباحثين وهمومهم.

Semua masalah ini memiliki dua hal: Pertama, mereka merupakan petunjuk metodologis, bukan masalah-masalah spesifik; karena metodologi adalah jalan yang jelas. Masalah-masalah ini menggambar garis besar dalam pemikiran ushul fiqh. Kedua, mereka mendesak; karena masalah-masalah ini dihadapi oleh pertanyaan para pelajar dan pembelajar, dan menjadi pusat perhatian para profesor dan peneliti.

أسأل الله أن ينفع بهذه الكلمات، وأن يجعلها مباركات، الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات.

Aku memohon kepada Allah agar kata-kata ini bermanfaat, menjadi berkah, segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan terwujud.


  رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَـٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌۭ رَّحِيمٌ

Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.

TRENDING